Gunung Papandayan Garut : Curug Tatang dan Warna Warni Genangan Air

Satu lagi fenomena alam yang bisa kita jumpai di Gunung Papandayan, selain kawah, bebatuan dan tegal-tegalnya adalah genangan-genangan air yang berwarna warni. Sebuah fenomena alam yang langka, dimana tidak semua orang yang berkunjung ke Gunung ini dapat menjumpai genangan-genangan berwarna warni tersebut, dikarenakan genangan-genangan ini berada ditempat-tempat yang cukup tersembunyi, atau bukan berada di jalur yang biasa dilewati.

(klik foto untuk memperbesar)

Genangan-genangan air ini saya temui pada tanggal 5 Maret 2011, ketika Team Support Indotravelers mendapat kesempatan untuk memandu beberapa tamu yang ingin mendaki ke puncak.

Untuk menemui genangan-genangan ini kita harus berjalan kurang lebih 2 - 3 Km dari tempat Parkir Papandayan ke arah Danau (Gambar warna Hijau)  via Curug Tatang, (jika beruntung) anda akan menemui genangan-genangan ini disepanjang jalannya.

Tak hanya genangan air, kita juga akan menjumpai sungai-sungai kecil bekas jalur aliran lahar pada saat letusan tahun 2002. Salah satu bekas aliran lahar yang Unik yang bisa kita jumpai disini adalah Curug Tatang.

(klik foto untuk memperbesar)

Meski berbau Belerang, Curug Tatang memiliki air yang jernih. Pada saat saya ke Curug ini, saya menyempatkan diri untuk berenang & berendam. Letak Curug ini benar-benar tersembunyi, jika anda ingin kesana saya sangat menyarankan anda menyewa Pemandu/Guide yang benar-benar berpengalaman dan mengenal seluk beluk gunung ini.

Sekedar menginformasikan saja, Pemandu langganan saya di Gunung ini bernama Kang Gones. Anda bisa mencari dia di Lapangan Parkir Papandayan kapan saja.

Nama Curug Tatang diambil dari salah satu nama pemenang Fotographer yang mengabadikan Curug ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...